Jumat, 27 Mei 2011

Tips mengurangi rasa sakit

Jika ada bagian tubuh yang terasa sakit, mungkin tips dibawah ini dapat membantu meringankan rasa sakit sebelum pergi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

  1. Makanan biji-bijian (jagung, katul, dll) dapat membantu dalam masalah BAB. Makanan ini dapat memperlambat jalannya pembuangan apabila terlalucepat (diare) dan akan mempercepat jalannya pembuangan apabila terlalu lambat (sembelit).
  2. Jika ada serangga yang masuk  ke telinga, ingatlah selalu bahwa serangga senang dengan cahaya. Miringkan kepala dan arahkan telinga ke arah sinar matahari atau jika berada dalam ruangan, arahkan telinga mendekati lampu yang terang. Senter juga dapat digunakan memancing serangga keluar dari telinga, arahkan nyala senter ke telinga yang dimasuki serangga.
  3. Rasa sakit akibat gigitan serangga atau terkena racun tanaman merambat dapat dihilangkan dengan cara mengalirkan air panas (sepanas mungkin yang bisa diterima kulit) diatas luka atau dengan membungkusnya beberapa saat dengan kain panas.
  4. Mabuk kendaraan dapat dihindari dengan memfokuskan pandangan ke tempat atau benda yang jauh. Sesendok teh bubuk jahe juga bisa digunakan sebagai obat anti mabuk.
  5. Untuk menanggulangi anggota badan yang terkilir atau kram bisa menggunakan kompres dingin (es batu, handuk dingin). Hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, mengempeskan bengkak, mengendorkan otot-otot dan meringankan kejang otot.
Semoga tips-tips tadi bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar