Selasa, 10 Mei 2011

Mitos atau Tabu, bagaimana bisa mencerahkan hidup kita?

Jaman boleh berubah, teknologi terus berkembang, tapi yang namanya mitos atau tabu masih ada dalam kehidupan kita. Sebenarnya, ada penjelasan yang rasional bagi hal-hal yang dianggap tabu tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dianggap tabu dalam masyarakat kita :

  1. Duduk di depan pintu
  2. Anak gadis dilarang duduk di depan pintu, nanti nggak dapat jodoh. Begitu kata orang tua mengisyaratkan. Penjelasannya adalah, bahwa duduk di depan pintu bisa mengganggu orang yang akan lewat, lagi pula tampak tidak sopan. Kalau mau duduk, ambil kursi jangan di depan pintu, bisa disampingnya bisa dimana saja yang tidak mengganggu orang lain.
  3. Botol kosong dekat kepala
  4. Kata orangtua, kita nggak boleh menyimpan botol kosong dekat bantal ketika tidur. Roh akan masuk dalam botol, sehingga kita akan bermimpi buruk atau sesak nafas. Nasihat yang tersirat adalah dikhawatirkan pada saat tidur begitu enak tidur lalu mengigau menyambar botol tadi dan mengayun-ayunkannya. Bayangkan bagaimana jika botol tersebut mengenai benda-benda atau bahkan orang yang tidur di dekat kita.
  5. Berbaring sambil bercermin
  6. Orangtua melarang putrinya berbaring sambil memegang cermin,karena kecantikannya tidak akan bersinar lagi. Begini, cermin yang dipegang ketika kita berbaring bisa saja jatuh menimpa muka kita. Coba pikirkan kira-kira apa yang terjadi?
Begitulah cara orang-orang tua dulu menasihati anak-anaknya, tinggal bagaimana kita membuat hal yang dianggap tabu tersebut menjadi bisa diterima oleh akal sehat, bagaimana kita dapat memaknainya menjadi sebuah pencerahan dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar