Minggu, 15 Mei 2011

Tips meningkatkan rasa percaya diri

Seringkali kita merasa ragu untuk melakukan sesuatu hal, apalagi kalau hal tersebut baru pertama kali dilakukan. Bagi beberapa orang rasa grogi akan muncul melebihi rasa percaya dirinya. Padahal percaya diri bisa memberikan kekuatan luar biasa bagi kita untuk berhasil.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk meningkatkan rasa percaya diri :
  1. Berpikir sukses, jangan berpikir gagal, dimana pun kita berada. Gantilah berpikir gagal dengan berpikir sukses. Ubahlah rasa pesimis menjadi optimis. Ketika berada dalam situasi yang sulit, berpikirlah "saya akan berhasil" mendominasi proses berpikir kita. Berpikir sukses berarti akan mengondisikan pikiran kita menuju keberhasilan.
  2. Ingatkan diri secara teratur bahwa kita lebih baik dari yang kita kira. Orang yang sukses bukanlah orang yang super. Sukses tidak mensyaratkan super intelect, juga tidak ada yang mistis. Sukses tidak didapat dengan tiba-tiba, tidak didasarkan pada nasib, orang yang sukses hanyalah orang biasa yang telah mengembangkan kepercayaan diri menjadi kesabaran dan ketekunan pada langkah yang dikerjakan untuk mencapai kesuksesan. Jangan pernah mengikuti keraguan atau mengesankan pada orang lain bahwa kita bukan orang kelas satu.
  3. Besar kecilnya keberhasilan ditentukan oleh besar kecilnya kepercayaan diri. Ketika kita memikirkan tujuan yang kecil maka harapkan keberhasilan yang kecil pula, ketika kita memikirkan tujuan yang besar maka harapkan keberhasilan yang besar pula.
Begitulah kira-kira langkah awal menuju keberhasilan dan kesuksesan kita. Kepercayaan diri yang tinggi sangatlah dibutuhkan, tapi perlu berhati-hati agar rasa percaya diri itu tidak berubah menjadi sebuah kesombongan. Semoga sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar