Sabtu, 04 Juni 2011

Tips berhemat listrik

Semakin lama kebutuhan kita akan listrik semakin meningkat. Hal itu berbanding lurus dengan meningkatnya anggaran yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan rekening listrik. Namun jika menggunakan listrik secara bijak, kita dapat sedikit berhemat. Kita bisa mempraktekkan tips-tips dibawah ini:

  1. Lemari es : pilih kapasitas lemari es sesuai kebutuhan. Pintu harus selalu tertutup rapat. Tidak memasukkan makanan panas. Letak lemari es juga sebaiknya berjarak 15 cm dari dinding. Hal ini dilakukan supaya proses pelepasan panas berjalan baik. Matikan bila tidak digunakan dalam waktu lama
  2. Setrika listrik : atur tingkat panas sesuai bahan yang akan disetrika. Bersihkan kerak pada setrika yang dapat menghambat panas.
  3. TV, radio dan tape : tanpa alat ini rasanya dunia jadi sepi. Hanya saja, matikan kalau tidak didengar atau ditonton
  4. Kipas angin : kalau bisa membuka jendela dan cukup sirkulasi udara, mungkin tidak perlu lagi kipas angin. Gunakan timer sesuai kebutuhan.
  5. AC : pilih yang hemat energi dan sesuai kapasitas ruangan. Matikan kalau tidak digunakan. Jangan menyetel temperaturnya terlalu dingin. Makin dingin, makin tinggi daya listrik yang diserap. Bersihkan filternya supaya AC bekerja maksimal.
Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar