Senin, 25 Juli 2011

Belajar Ketrampilan Berkomunikasi

Ketrampilan berkomunikasi bukan merupakan kemampuan yang kita bawa sejak lahir dan juga tidak akanmuncul secara tiba-tiba saat kita memerlukannya. Ketrampilan tersebut harus kita pelajari atau latih. Seperti ketrampilan-ketrampilan lainnya, ketrampilan berkomunikasi ini dapat kita pelajari dengan mengikuti kiat-kiat sebagai berikut :

  1. Kita harus menyadari mengapa ketrampilan berkomunikasi ini penting kita kuasai dan apa manfaatnya bagi kita.
  2. Kita harus memahami arti ketrampilan berkomunikasi dan bentuk-bentuk komponennya yang perlu kita kuasai untuk mewujudkan ketrampilan itu .
  3. Kita harus rajin mencari atau menemukan situasi-situasi di mana kita dapat mempraktikkan ketrampilan tersebut.
  4. Kita tidak boleh segan atau malu meminta bantuan orang lain untuk memantau usaha kita serta memberikan penilaian tentang kemajuan yang sudah kita capai maupun kekurangan yang masih kita miliki.
  5. Kita tidak boleh bosan belajar atau berlatih. Ketrampilan berkomunikasi tersebut harus kita praktikkan terus-menerus.
  6. Keseluruhan latihan tersebut harus kita bagi dalam satuan-satuan atau bagian-bagian tertentu, agar setiap kali dapat kita rasakan keberhasilan usaha kita. Misalnya, berlatih membangun sikap percaya, mengungkapkan pikiran secara jelas, mendengarkan dan sebagainya.
  7. Akan sangat menolong jika kita dapat menemukan teman yang dapat kita ajak sebagai lawan berlatih.
  8. Ketrampilan berkomunikasi dengan seluruh komponen atau bagiannya tersebut harus terus-menerus kita latih dan praktikkan sampai akhirnya menjadi bagian dari diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar