Senin, 25 Juli 2011

Metode experiential learning dalam belajar berkomunikasi

Belajar melalui pengalaman (experiential learning) merupakan metode belajar yang paling efektif untuk belajar di bidang afektif termasuk mempelajari ketrampilan berkomunikasi ini, meliputi empat tahap, yaitu :
  1. Kita mencari kesempatan untuk mendapatkan pengalaman pribadi konkret berkaitan dengan hal yang ingin kita pelajari. Misalnya, kita ingin belajar mengungkapkan perasaan secara jelas dan tepat, kita ajak seorang teman untuk berkomunikasi dengan fokus saling mengungkapkan perasaan.
  2. Kita lakukan refleksi, observasi atau pemeriksaan atas pengalaman pribadi yang baru kita peroleh. Apa saja yang kita alami, kita rasakan selama menjalani pengalaman konkret tersebut.
  3. Dari hasil refleksi tersebut kita dapat merumuskan prinsip-prinsip, menemukan konsep-konsep. Misalnya, ungkapan perasaan menjadi mudah ditangkap lawan komunikasi dengan cara menyebutkan nama perasaan itu. Tentu saja hal ini menuntut keberanian.
  4. Membuat kesimpulan-kesimpulan pribadi untuk dipraktikkan. Kadang-kadang kesimpulan ini masih berupa hipotesis. Benar atau tidaknya dapat dibuktikkan dengan mempraktikkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar