Selasa, 04 Oktober 2011

Tips Memilih Mobil Bekas


Teliti sebelum membeli, itu kuncinya. Termasuk jika kita ingin membeli mobil bekas. Ketelitian dibutuhkan saat melakukan pengamatan terhadap mobil incaran. Berikut adalah beberapa tips praktis memilih mobil bekas :
  1. Manfaatkan cahaya matahari/senter untuk melihat pantulan sinar di seluruh bodi mobil. Garis bodi dan pantulan cahaya mestinya tak bergelombang. Jika ada yang tidak rata, berarti pernah terbentur. Amati juga bagian rawan benturan, seperti kap mesin, gril depan, bemper, pojok-pojok bawah pintu dan sisi-sisi samping mobil di bawah pintu.
  2. Pengilap sementara bisa menghapus karat dan bercak-bercak pada bemper, gril, tutup pelek, mesin dan komponen baja lain. Namun tak mampu menghilangkan lubang bekas karat. Waspadalah terhadap bagian yang sekilas tampak mulus, namun berlubang-lubang. Sebab, bekas karat mudah berkarat kembali.
  3. Teliti profil ban. Jangan terpukau pada mengilapnya semir
  4. Perhatikan bawah karpet yang tersembunyi, terutama di bagasi. Bila terasa lembab, pertanda mobil bocor atau pernah terendam air. Kalau karpet tak dapat dibuka, gunakan magnet untuk memeriksa. Jika magnet sukar menempel, kemungkinan besar berkarat.
  5. Cermati celah pintu, bagasi dan kap mesin. Kerenggangan celah seharusnya sama. Jika beda, mungkin bagian tadi pernah tertabrak.
  6. Pintu harus bisa terbuka secara sempurna dan mudah. Cobalah membuka-tutup beberapa kali, sambil merasakan kemungkinan adanya kejanggalan.
  7. Bila kaca spion tampak pernah diganti (ada bekas lem antara kaca dengan plastik rumah spion), bisa jadi spion itu pernah terbentur.Cek sambungan rumah spion dengan pintu depan. Sambungan harus tidak menimbulkan bunyi saat digoyang.
  8. Hidupkan mesin dan dengarkan suaranya. Waspadai getaran berlebihan dan bunyi gesekan logam, pertanda ada sesuatu yang salah di mesin.
  9. Sasis penopang kendaraan tak boleh rusak. Awasi bekas las, retak, goresan dan sebagainya
Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Iya, saya juga mau beli mobil...
    Tapi memang butuh belajar dulu sbelum membeli sesuatu....

    nice blog...

    BalasHapus
  2. Kalau mau belajar craft untuk anak silahkan mampir di craftelement.blogspot.com

    BalasHapus