Rabu, 28 September 2011

Yang Perlu Diperhatikan Selama Hamil


Selama masa kehamilan, beberapa hal berikut perlu mendapatkan perhatian :
  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang baik jumlah maupun mutunya sejak awal kehamilan. Lebih baik lagi kalau dibiasakan sejak masa prakonsepsi. Bila terasa mual waktu hamil, konsumsilah makanan ringan mengandung zat tepung yang dapat dimakan sedikit demi sedikit tetapi sering. Pilih makanan yang mudah dicerna, tidak terlalu berbumbu dan tidak terlalu pedas.
  • Menghindari makanan yang diawetkan (mengandung zat adiktif), makanan berkalori tinggi, mengandung banyak gula, lemak dan kurang mengandung zat-zat gizi lainnya. Masuk kategori ini misalnya junk food, soft drink, dll.
  • Sebaiknya menghindari daging atau makanan lain yang tidak diolah secara sempurna karena kemungkinan masih mengandung kuman. Ada baiknya juga menghindari kafein (kopi atau cola) dan coklat yang berlebihan. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.
  • Makanan camilan sehat yang dianjurkan anatara lain buah-buahan, sayuran, minuman segar atau jus buah, serta yoghurt. Konsumsi zat-zat gizi yang penting diperhatikan adalah yang cukup kalori, protein, vitamin dan mineral seperti zat besi, seng, asam folat, kalsium, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, vitamin E serta Omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan retina janin.
  • Bila ada gangguan pada kehamilan seperti pembengkakan berlebihan, perdarahan, dll, segera konsultasikan dengan dokter agar dapat segera ditangani.

1 komentar:

  1. Best Free Slots Games - Casinos Near Me - Mapyro
    Get the best free slots 포항 출장안마 games online 당진 출장마사지 at Mapyro. Choose 부산광역 출장마사지 from 창원 출장안마 hundreds of games, and 양산 출장안마 claim your welcome bonus today!

    BalasHapus