Selasa, 08 November 2011

Mencegah memang lebih baik !


Banyak hal yang dapat dilakukan agar tubuh tidak mudah sakit.
Pertama, kondisi tubuh jangan sampai diperlemah. Misalnya, orang yang tidak doyan makan, menurunnya mutu menu, istirahat terganggu karena semakin susah tidur, pekerjaan bertambah berat karena harus cari tambahan kiri kanan. Semua itu memperburuk pertahanan tubuh. Dalam kondisi pertahanan yang buruk, penyakit jadi mudah menyerang. Selain infeksi, maag, darah tinggi, herpes, sering flu atau kena virus lain yang semuanya lazim menyerang orang dengan kondisi tubuh yang dibiarkan menurun.
Kedua, tetaplah hidup teratur. Dalam musim penghujan, perlu membuat tubuh lebih hangat. Pilih menu yang hangat, seperti soto, sup dan makanan lainyang berprotein tinggi. Ketika tubuh tidak enak, stop kerja berat, beristirahat lebih banyak dan banyak makan yang mengandung protein tinggi (daging, ikan, susu, telur). Isyarat itu jangan dilawan. Jika tubuh terasa lesu dan mengantuk, tidurlah dan jangan melakukan aktivitas apapun.
Banyak penyakit menyerang orang yang tubuhnya lemah. Semua penyakit virus, termasuk demam berdarah, cacar air, herpes zoster, herpes simplek mulut, flu dan banyak penyakit perut disebabkan oleh virus dari jajanan dan lingkungan kotor. Semua ancaman di sekitar kita tidak mungkin diredam. Yang bisa dilakukan hanya membuat tubuh lebih kuat dengan menu bergizi, cukup istirahat dan olahraga untuk melawan semua ancaman itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar