Rabu, 01 Februari 2012

Belajar Agar Tidak Mudah Lupa

shareurs.wordpress.com

Manusia itu tempatnya salah dan lupa. Begitulah kalimat yang menjadikan kita maklum seandainya kita lupa akan sesuatu. Lupa menyimpan kunci, lupa dengan janji, lupa dengan nama seseorang atau lupa dengan hafalan ketika sedang ujian. Definisi lupa adalah lepas dari ingatan; tidak dalam pikiran (ingatan) lagi: krn sudah lama; tidak teringat; tidak sadar; lalai.
Kalau sering lupa, bisa jadi ada yang bermasalah dengan kemampuan daya ingat kita. Banyak cara untuk meningkatkan daya ingat kita, diantaranya :
  1. Bila ingin memasukkan sesuatu ke dalam ingatan,lakukanlah saat sedang istirahat. Jangan melakukannya saat kondisi tubuh sedang lelah.
  2. Petakan daftar masalah/bahan yang akan diingat menjadi kategori-kategori yang lebih kecil agar mudah dikelola dan dihafalkan
  3. Lakukan kegiatan menghafal beberapa kali. Untuk membantu menghafal bisa dengan menuliskan bahan yang sedang dihafal.
  4. Sebelum menghafal bahan yang baru, beri waktu jeda beberapa saat. Ingatlah kembali apa yang telah dihafalkan sebelumnya agar lebih tertanam dalam ingatan.
  5. Susunlah ide yang akan diingat menjadi sebuah sistem perumusan atau kata sandi yang akan membuat lebih mudah diingat.
  6. Gunakan waktu-waktu senggang (seperti saat menunggu kereta atau antrian dokter) untuk menghafal
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar