Senin, 16 Mei 2011

Kekuatan-kekuatan manusia yang harus dikembangkan sejak dini

Tidak diragukan lagi bahwa setiap manusia selalu dikuasai keinginan untuk bisa hidup bahagia dan sukses. Untuk itu, manusia harus mengembangkan semua potensi yang dimilikinya agar tujuan dan cita-citanya dapat tercapai. Tuhan telah menganugerahkan kepada makhluk-Nya kekuatan-kekuatan yang harus ditumbuhkembangkan sejak dini sehingga dapat bermanfaat dalam mengatasi setiap rintangan dan hambatan yang ada. Kekuatan-kekuatan tersebut adalah :

  1. Kekuatan Jasmani/Fisik
  2. Kekuatan ini timbul dari badan/jasmani/fisik manusia. Sumber kekuatannya berasal dari makanan dan minuman. Setiap orang memerlukan kekuatan fisik untuk dapat menggapai cita-citanya. Maka dari itu, kekuatan ini harus dirawat dan ditumbuhkembangkan sejak dini dengan cara memberi makanan dan minuman yang bergizi serta mengikuti aturan-aturan kesehatan.
  3. Kekuatan Pikiran
  4. Kekuatan pikiran memberikan manfaat dalam mengatasi problem kehidupan. Penumuan radio, TV, telepon, komputer, alat kedokteran dan transportasi serta yang lainnya mampu meringankan beban hidup manusia. Semua itu merupakan hasil karya yang timbul dari kekuatan pikiran. Sumber kekuatan ini adalah otak.
    Untuk itu,perlu kiranya bagi para orangtua memberikan asupan gizi dan rangsangan kepada anak-anaknya yang bisa mempercepat pertumbuhan dan perkembangan otak. Mulailah sejak anak masih dalam kandungan dengan memperdengarkan musik klasik atau lantunan ayat suci Al-Qur'an. Ajarilah anak sejak dini untuk berkomunikasi meskipun belum mengerti, anak akan merekam semua yang didengar dan dilihat.
    Sekolah adalah hal penting yang harus dilakukan anak agar pikirannya kian terasah, bila perlu beri juga pelajaran di luar sekolah. Pelajaran tambahan di luar sekolah memberikan andil besar bagi kemajuan kekuatan pikiran anak.
  5. Kekuatan Semangat
  6. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa manusia bisa berhasil dalam mencapai cita-citanya dengan adanya kekuatan semangat dalam dirinya. Semangat pantang menyerah wajib dimiliki jika kita ingin meraih sukses. Sumber kekuatan semangat berasal dari dalam hati atau jiwa. Jika hati mantap, tangguh dan tahan banting, maka semangat yang timbul akan mengikutinya. Jangan terlalu sering berada dalam kebimbangan dan keragu-raguan karena semangat kita juga akan menjadi kacau.
    Cara untuk melatih kekuatan semangat adalah dengan menanamkan kesadaran melalui cerita orang-orang dalam mencapai kesuksesan atau kisah teladan yang dapat memberikan motivasi. Orangtua harus melatih atau menanamkan kesadaran ini sejak dini, dan berperan sebagai motivator.
  7. Kekuatan Iman
  8. Kekuatan iman bersumber dari dalam hati yang telah diasah dan dididik dengan ajaran agama. Jika ajaran agama yang tertancap di hati itu kuat dan mantap, maka kekuatan yang timbul pun kian kuat dan mantap. Iman adalah laksana rem bagi kendaraan, jika tidak memiliki rem maka manusia akan sulit dikendalikan. Orang yang tidak memiliki kekuatan iman pasti tidak takut dengan yang disebut dosa, hati dan jiwanya mudah putus asa, tidak tahan banting dalam menghadapi musibah. Sehingga gampang mengalami frustasi, stres, depresi serta gangguan jiwa lainnya. Sebab dalam jiwanya tidak ada rasa syukur kepada Tuhan. Syukur adalah menerima semua yang diberikan Tuhan kepada kita baik itu berupa nikmat atau musibah.
Itulah beberapa kekuatan-kekuatan dalam diri manusia yang akan menjadi senjata ampuh dalam mengarungi kehidupan jika ditumbuhkembangkan sejak dini dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar