Senin, 20 Juni 2011

Kapan kita berhenti tumbuh ?

Bayi yang baru lahir panjangnya rata-rata 50 cm. Dalam jangka masa 20 tahun ukuran itu bertambah panjang tiga kali lipat. Orang dewasa panjang/tingginya rata-rata 170 cm. Namun pada umur 20 tahun belum juga berhenti pertumbuhan. Kenyataan ialah manusia terus bertambah besar sesudah mencapai usia 25 tahun dan mencapai ukuran maksimum pada usia 35 - 40 tahun.

Bagaimana keadannya kemudian ? Bukan saja pertumbuhannya terhenti bahkan kita mulai susut. Setelah mencapai usia 40 tahun, manusia rata-rata susut ukurannya kira-kira 1 cm setiap tahun. Sebab mengeringnya tulang rawan pada sendi-sendi dan pada celah tulang belakang.
Pertumbuhan manusia berbeda-beda menurut musim. Dalam musim panas anak-anak tumbuh lebih pesat daripada dalam musim dingin. Pertumbuhan anak-anak dalam usia sekolah, lebih cepat dua kali lipat selama musim panas dibandingkan dengan musim dingin. Karena gizi yang lebih sempurna serta gaya hidup lebih sehat dan karena pengaruh keadaan lingkungan, angkatan muda sekarang bertumbuh lebih pesat dari angkatan sebelumnya.
Laju pertumbuhan kita ditentukan oleh empat macam kelenjar : yaitu kelenjar tiroid, kelenjar pituirin, kelenjar thymus, dan kelenjar kelamin. Bila kelenjar tersebut bekerja normal dan terdapat keseimbangan sempurna antara fungsinya masing-masing, pertumbuhan akan berlangsung secara normal.
Tahukah Anda bahwa pada pagi hari kita lebih tinggi dari malam sebelumnya, namun sepanjang hari kita susut lagi ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar