Rabu, 15 Juni 2011

Mengapa bagian tubuh kanan tidak sama dengan yang kiri ?

Mungkin waktu tukang sepatu mengukur kaki Anda untuk membuat pesanan, ternyata kaki sebelah lebih besar dari lainnya. Mengapa demikian halnya, padahal yang sebelah tugasnya tidak lebih berat dari yang lain ?
kampungtki.com
Hal ini ada hubungan dengan kenyataan bahwa badan kita bersifat "asimetris" yaitu bukan terdiri dari dua belahan yang seluruhnya sama di sebelah kiri dan kanan.
Anda dapat menyaksikan hal ini dengan mata kepala sendiri. Bila Anda bercermin akan melihat misalnya bahwa sebelah kanan muka Anda lebih sempurna dari sebelah kiri, pipi kanan lebih menonjol dan garis-garis mulut, mata dan telinga terbentuk lebih sempurna pada sebelah kanan.


Demikian pula seluruh badan kita. Kaki kita tidak sama kuat dan lincah kedua belahnya. Jantung kita berada di sebelah kiri dan hati di sebelah kanan, maka bagian badan kita pun tidak seimbang sepenuhnya. Karena itu kerangka badan kita pun berkembang secara kurang seimbang.
Perbedaan kecil pada masing-masing belahan badan sangat mempengaruhi cara kita berbuat sesuatu. Karena struktur tak seimbang dari badan itu, kita berjalan juga kurang seimbang. Akibatnya, bila kita tidak dapat melihat jalan dengan jelas, misalnya dalam badai, dalam cuaca berkabut atau bila mata kita tertutup, kita akan berjalan melingkar. Demikian pula halnya binatang karena mereka pun mempunyai struktur badan yang kurang seimbang. Bila seseorang mengendarai mobil dengan mata tertutup, ia akan mengendarainya dalam garis lingkaran pula. Akan tetapi, untuk orang-orang dengan kemampuan tertentu hal tersebut tidak berlaku.
zizzahaz.wordpress.com
90% manusia bersifat normal yaitu mengunggulkan tangan kanan (tidak kidal). Hal ini bukan disebabkan oleh asimetri pada struktur tubuh, melainkan karena asimetri pada otak. Bagian kiri otak mengunggulkan sebelah kanan badan, sedang bagian kanan otak menguasai belahan badan sebelah kiri. Karena bagaian kiri otak lebih unggul dari bagian kanan, maka bagian kanan badan kita mengunggulkan bagian kirinya.

1 komentar: