Selasa, 26 Juli 2011

Bagaimana Kita Mendengar Berbagai Macam Suara ?

Setiap suara ditimbulkan oleh benda yang bergetar, yaitu yang bergerak kian kemari. Getaran itu menggerakkan molekul-molekul udara yang berdekatan dan molekul-molekul itu menggerakkan pula molekul yang lebih jauh, sehingga terdapat gerakan kian kemari dari molekul-molekul di udara yang menghasilkan apa yang diistilahkan gelombang suara.
Namun, masing-masing getaran itu berbeda sifatnya dan menghasilkan berbagai jenis suara. Diketahui tiga perbedaan pokok diantara berbagai jenis suara yaitu: perbedaan kenyaringan, perbedaan nada, dan perbedaan mutu suara.

Kenyaringan suara ditentukan oleh jarak antara benda yang bergetar dengan telinga, serta jarak gerakan kian kemari dari benda yang bergetar. Makin jauh jarak getaran itu, makin nyaring pula suaranya.
Tinggi rendah suara disebut 'nada". Nada itu ditentukan oleh kecepatan atau frekuensi benda itu. Sedang mutu suara ditentukan oleh banyaknya dan kuatnya suara latar belakang atau bunyi dasar pada suatu suara. Bunyi dasar terdapat bila terdapat perbauran antara nada tinggi dan nada rendah yang berbunyi secara serentak.
http://www.bloggersetu.blogspot.com

Kita tidak mendengar suatu suara sebelum gelombang suara masuk ke liang telinga hingga mencapai genderang pendengaran. Genderang pendengaran itu berfungsi selaku kulit genderang dan menyinggung tiga tulang kecil pada pendengar tengah hingga sesuai dengan irama suara. Gerakan ketiga tulang kecil itu menggerakkan pula cairan pada telinga dalam. Gelombang-gelombang suara demikian menggerakkan cairan tersebut, dan gerakan cairan itu menggerakkan pula tiga buah sel rambut yang terdapat didalamnya.
Sel rambut itu menghasilkan gerakan cairan menjadi rangsangan pada urat saraf. Rangsangan itu dihantar oleh urat saraf itu kepada otak, lalu impuls itu diterjemahkan oleh otak sebagai suara. Maka berbagai macam gelombang suara itu disalurkan melalui urat saraf kepada otak dan dengan cara demikian kita mendengar suara yang beraneka ragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar