Jumat, 08 Juli 2011

GPS di ponsel

Bukan cuma hiburan dan kamera yang digaet ponsel masa kini. Sistem navigasi pun dilekatkan di ponsel. Jadi, bukan masalah lagi sekarang ini menemukan suatu lokasi. Sayangnya, masih banyak layanan GPS di ponsel dikenakan biaya (berbeda dengan GPS betulan yang hampir semuanya gratis). Seperti Nokia Maps yang pemakaiannya gratis tapi dikenakan biaya jika ingin layanan navigasinya (menunjukkan kapan belok dan tiba di tempat tujuan).


Ponsel GPS kini digemari karena mulai dilengkapi dengan A-GPS yaitu Assisted GPS, sebuah fitur yang dapat mempercepat penangkapan sinyal GPS meski terhalang benda-benda padat seperti tembok. Namun A-GPS mensyaratkan adanya koneksi internet minimal GPRS yang terhubung ke server provider merek ponsel tersebut. Untungnya, biaya yang dikenakan sangatlah kecil sebab data yang diunduh sekitar 5 - 10 kb-an saja. A-GPS menghapus mitos bahwa ponsel GPS tidak handal untuk digunakan. Tipe-tipe A-GPS sekarang mudah dijumpai seperti pada Nokia N-series dan E-series. Windows Mobile PDA Phone juga sudah dilengkapi A-GPS.
Kelemahannya harus ada sinyal GPRS dan jika di daerah blank spot, GPS tetap bisa dipergunakan seperti biasa namun dengan penerimaan sinyal satelit yang lebih lama dari biasa. Karena sifatnya yang mudah dibawa, ponsel GPS banyak dilirik untuk kebutuhan survei seperti pengambilan titik koordinat, mengukur luas lahan,mengukur panjang, mencari alamat, serta memantau posisi teman yang juga memakai ponsel GPS. Satu hal yang perlu diketahui, pemakaian GPS di ponsel tidak dikenakan biaya alias gratis, bisa dibuktikan dengan tetap berfungsinya GPS meskipun SIM card tidak terpasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar