Kamis, 07 Juli 2011

Mengapa ada jerawat ?

Tidak seorang pun senang berjerawat atau berbintik pada muka, maka sungguh menyenangkan bila dapat diketahui asal atau sebab dan cara mencegahnya. Namun masalah ini tidak semudah itu. Jerawat dan bintik sering sekali berasal dari kelenjar rambut. Padaakar rambut terdapat kelenjar lemak yang disebut "sebacious glands". Bila liang akar rambut tersumbat oleh lemak dari kelenjar itu, maka terjadilah bintik-bintik pada kulit.

Jerawat atau kukul merupakan bengkak-bengkak pada kulit badan dan seringkali juga terkumpul nanah di dalamnya. Namun, sebab timbulnya jerawat agak sukar dipastikan. Mungkin diakibatkan oleh berbagai keadaan, termasuk makanan kurang sesuai, kurang keseimbangan kelenjar-kelenjar atau pun karena semacam infeksi ringan pada kulit.
Jerawat mungkin juga merupakan gejala permulaan suatu penyakit kulit yang gawat, ataupun gejala gangguan kesehatan. Karena itu, perlu diperiksa dokter bilamana jerawat berlebihan. Oleh dokter dapat dipastikan apakah yang mengakibatkan jerawat. Bila jerawat merupakan gejala penyakit dari dalam badan, mengobati jerawat menjadi tidak berguna, bahkan akan merusak kulit secara permanen. Jerawat jangan sekali-kali diperas-peras karena kuman penyakit akan dapat masuk ke dalam kulit dengan mudah.
fonega.blogdetik.com
Kukul atau acne banyak diderita oleh remaja menjelang dewasa. Dalam jerawat itu termasuk pula bintik-bintik, bisul-bisul, bengkak-bengkak dan benjol-benjol yang mungkin muncul bersamaan. Sebabnya beraneka ragam, kadang-kadang karena diet kurang tepat, atau kelenjar berfungsi tidak seimbang. Penderitanya juga perlu diperiksa oleh dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar