Selasa, 05 Juli 2011

Mengapa manusia mempunyai rambut ?

Manusia sejenis dengan binatang menyusui, dan semua binatang menyusui dilengkapi dengan bulu atau rambut. Kita menyadari manfaat bulu untuk binatang. Manfaat utama ialah mempertahankan suhu badan. Bagi binatang di daerah iklim tropis, bulu badan memberi perlindungan terhadap penyinaran matahari. Bulu kuduk yang panjang dapat melindungi bagian kuduk binatang. Bulu-duri landak merupakan senjata dalam melawan musuhnya. Tapi apa manfaatnya rambut dan bulu bagi manusia ?


Pertama, anak bayi yang baru lahir badannya ditutupi bulu roma halus Menjelang dewasa, bulu halus diganti dengan rambut orang dewasa. Dan perkembangan bulu dan rambut manusia diatur oleh beberapa kelenjar yang menghasilkan hormon-hormon khas. Pada kaum pria hormon itu merangsang pertumbuhan rambut pada muka serta anggota-anggota badan dan mengurangkan pertumbuhan diatas kepala. Pada kaum wanita pertumbuhan diatur kebalikannya yaitu menghambat pertumbuhan pada muka dan anggota badan dan merangsang pertumbuhan diatas kepala.
Perbedaan pola pertumbuhan rambut antara pria dan wanita disebut juga "ciri-ciri kelamin sekunder". Maksudnya, merupakan ciri yang membedakan antara kedua kelamin. Jenggot pria bukan saja menandai bahwa ia seorang pria melainkan juga dianggap memperbaiki perangai dan martabatnya. Charles Darwin, ahli ilmu hayat beranggapan bahwa dalam perkembangan jenis manusia, telah diperlukannya bulu-bulu roma untuk membantu menyisihkan air keringat serta air hujan. Rambut yang tumbuh pada bagian-bagian badan tertentu, seperti misalnya rambut alis, bulu mata dan bulu pada telinga dan hidung, merupakan perlindungan untuk rongga badan itu terhadap debu dan serangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar