Jumat, 01 Juli 2011

Tips meningkatkan kecerdasan spiritual

Idealnya setiap manusia perlu memiliki kecerdasan-kecerdasan yang dapat membantu dalam mencapai tujuan hidupnya. Yang pertama adalah kecerdasan fisik yang menyangkut metabolisme dan fisiologis. Yang kedua adalah kecerdasan intelektual biasa disebut dengan IQ, keluar dari otak dan tidak melibatkan perasaan. Sedangkan kecerdasan ketiga adalah kecerdasan emosional, bekerja asosiatif, menghubungkan emosi dengan gejala tubuh sehingga ia mempunyai toleransi terhadap orang lain. Kecerdasan terakhir adalah kecerdasan spiritual, yaitu kemampuan seseorang untuk mengerti dan memberi makna pada apa yang dihadapi di dalam kehidupan. Sehingga ia akan memiliki fleksibilitas dalam menghadapi berbagai persoalan di masyarakat.

Adapun cara untuk meningkatkan kecerdasan spiritual adalah :
  1. Seringlah melakukan perenungan (kontemplasi) mengenai diri sendiri, kaitan hubungan dengan orang lain, serta peristiwa yang dihadapi. Hal ini untuk memahami makna atau nilai dari setiap kejadian dalam kehidupan.
  2. Kenali tujuan hidup, tanggung jawab, dan kewajiban dalam hidup kita. Jika segalanya mudah, lancar dan membahagiakan, berarti tujuan hidup kita cocok. Sebaliknya, bila banyak rintangan dan kegagalan, berarti tidak cocok.
  3. Tumbuhkan kepedulian, kasih sayang dan kedamaian.
  4. Pekakan diri terhadap bisikan, inspirasi dan intuisi. Inilah proses hubungan dengan Tuhan. Datangnya sering simbolik, terkadang tidak linear.
  5. Ambil hikmah dari segala perubahan di dalam kehidupan (termasuk penderitaan) sebagai jalan untuk peningkatan mutu kehidupan kita.
  6. Kembangkan tim kerja dan kemitraan yang saling asah asih asuh.
  7. Belajar melayani dengan hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar