Selasa, 09 Agustus 2011

Bagaimanakah Keseimbangan Manusia ?

Sesungguhnya kemampuan berdiri dan berjalan tegak merupakan kemahiran istimewa. Sungguh bukan suatu hal yang dapat diajar dengan mudah. Seandainya makhluk berkaki empat yang berasal dari planet lain melihat kita, ia akan kagum melihat kemahiran kita, ia akan kagum melihat kemahiran kita berdiri pada dua kaki. Bila dicobanya meniru kita, akan diperlukannya waktu berdiri sedangkan Anda masih menjadi bayi.

Waktu berdiri diam, sebenarnya Anda melakukan kemahiran berseimbang. Anda mengalih dari kaki sebelah kepada kaki lainnya, Anda mengadakan tekanan pada sendi-sendi dan otot Anda mengatur sikap tubuh Anda agar bergerak ke arah satu atau lain.
Jika kita berjalan, bukan hanya kita menggunakan kemahiran memelihara keseimbangan melainkan juga menggunakan dua macam gaya alam. Pertama gaya tekanan udara. Tulang paha kita cocok sekali dengan rongga tulang pinggul, sehingga mengadakan semacam kehampaan udara. Karena tekanan udara kaki kita lekat dengan sempurna. Karena tekanan udara kaki kita bergantung kepada tubuh, seolah-olah tiada bobotnya.
Gaya alam kedua yang kita pergunakan dalam berjalan ialah, tarikan gaya gravitasi. Setelah kaki diangkat oleh otot-otot, ia turun lagi tertarik oleh tarikan gaya gravitasi, maka kaki kita berayun seperti ayunan lonceng.
Bila Anda mengagumi seorang akrobat yang berjalan di atas kawat dengan memelihara keseimbangannya, sesungguhnya ia hanya melakukan kemahiran yang tarafnya agak tinggi daripada kemahiran Anda dalam berjalan di tanah. Dan iapun memerlukan latihan jangka lama pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar