Minggu, 21 Agustus 2011

Tips Membeli Buah Durian


Sering kali kita kecewa membeli buah durian di tepi jalan, setelah diberi janji oleh penjualnya (bahwa kalau durian yang dicoba tidak manis, pembeli tidak usah bayar), ternyata tidak begitu. Setelah durian dibelah dan rasanya hambar, cuma manis sedikit, penjualnya ngotot bahwa duriannya manis. Meskipun sedikit, tapi itu manis kan?
Agar tidak kecewa, ada baiknya kita ikuti tips-tips berikut ini :

  • Memilih durian harus yang sudah masak. Sebab rasa manis baru tercapai kalau buah itu sudah masak. Kemasakan ini ditandai oleh bau yang tercium jelas dan menyengat. Tidak samar-samar. Mencium bau harus di bagian ujung buah. Kulit ujung ini harus masih utuh, belum merekah tapi sudah berbau. Karena penjual kadang-kadang korup, dengan memerciki buah yang masih mentah dengan air cucian tangan orang yang baru saja makan durian di tempat itu.
  • Suara yang timbul kalau buah dipukuldengan gagang pisau dari kayu. Kalau bunyinya bluk-bluk-bluk (dalam), berarti buah sudah masak. Bunyi semacam ini timbul karena kadar air dalam kulit buah sudah berkurang dan banyak rongga resonansi yang terbentuk. Kalau bunyinya plek-plek-plek (gepeng dangkal) itu tandanyabuah belum masak dan jaringan kulitnya masih mengandung banyak air.
  • Kelima juringnya terlihat membengkak penuh sampai barisan duri di bagian itu sudah jarang. Kalau duri terlihat belum jarang berarti buah sudah dipetik sebelum tumbuh sempurna lalu diperam. Buah peraman inilah yang baunya samar-samar. Kalau dibuka dan dimakan, daging buahnya terasa kurang manis dibandingkan buah yang dipetik masak karena tumbuh penuh.
  • Sebaiknya memilih buah yang dijual polos, telanjang bulat, tidak dibungkus dengan daun aren. Daun ini sebenarnya dipakai untuk memudahkan membawa durian, tetapi ia juga biasa dipakai untuk menyembunyikan bagian yang cacat, atau ujung buah yang sudah merekah.
  • Tangkai buah juga juga dapat dipakai sebagai tanda kemasakan. Kalau ujungnya tidak rata, berarti ia lepas dari dahan secara alami karena sudah masak dan pasti manis. Kalau ujungnya terlihat rata, karena dipotong dengan pisau, berarti buah dipetik dengan paksa sebelum masak.
Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar