Senin, 15 Agustus 2011

Tips Mengkonsumsi Obat Flu

Penyakit yang pernah diderita hampir setiap orang adalah influenza. Seringkali kita mengobatinya dengan meminum obat yang dijual bebas. Namun, kita perlu berhati-hati jangan sampai maunya sembuh malah sebaliknya tambah parah karena efek samping dari obat tersebut. Ada baiknya kita mencermati beberapa tips berikut :
  • Pilihlah obat pereda flu yang komposisi bahan aktifnya sedikit. Makin beragam bahan aktif, efek sampingannya akan semakin banyak.
  • Bila memerlukan pereda nyeri (analgetik) hendaknya gunakan obat yang berkomposisi tunggal analgetik antipiretik agar manfaatnya terasa.
  • Hindari obat pereda flu yang mengandung antihistamin atau pelega hidung karena tidak efektif.
  • Jangan minum obat yang mengandung ekspektoran dan antitusif dalam satu komposisi karena khasiatnya berlawanan.
Perlu pula diperhatikan, obat flu yang mengandung kafein dan parasetamol bila diminum beberapa waktu setelah minum kopi akan meningkatkan kerja parasetamol sehingga dikhawatirkan selain daya kerjanya juga efek samping dari obat itu akan meningkat. Ini bisa membahayakan bagi penderita kelainan hati dan ginjal. Selain itu agar khasiatnya dapat cepat terasa, parasetamol hendaknya tidak diminum dalam keadaan lambung penuh atau setelah makan karena karbohidrat akan memperlambat kerja obat. Terakhir, jangan minum obat bersama alkohol dan menggunakan air panas.
Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar