Rabu, 21 September 2011

Apakah Fungsi Lidah ?

Lidah termasuk alat dan otot manusia yang istimewa. Lidah adalah satu-satunya otot yang hanya terikat pada sebelah ujung saja. Karena itu ia dapat digerakkan secara lebih leluasa. yang memang penting untuk melakukan tugasnya.Bila kita berbicara, mengucapkan berbagai macam suara, lidah digerakkan dalam berbagai bentuk dan sikap agar dapat dilafalkan aneka suara. Cobalah Anda sebut huruf alfabet menurut urutannya, perhatikanlah perbedaan posisi lidah waktu melafalkan macam-macam huruf itu.
Selaput lendir yang menutupi lidah berperan pula dalam kegiatan mengambil, menahan dan menghaluskan makanan. Permukaan lidah merupakan kombinasi alat pemarut, penggiling adonan, "talenan", sikat, penggaruk serta noktah-noktah yang mengolah partikel-partikel makanan.

Lidah merupakan alat halus dalam rangka indra peraba. Ia senantiasa memberi isyarat tentang berbagai peristiwa, termasuk perubahan yang berlangsung dalam rongga mulut, dan memberi keterangan mengenai bahan-bahan yang kita minum dan makan. Akhirnya terdapat putik-putik pengecap pada permukaan lidah. Seluruh permukaan lidah dilengkapi dengan bintik-bintik yang menyerupai kutil yang disebut "papilae".
Lidah manusia dilengkapi dengan 3.000 papilae, sedangkan pada lidah terdapat 35.000 putik-putik itu dan ikan paus hampir atau sama sekali tidak memiliki papilae. Jumlahnya disesuaikan dengan pentingnya indra pengecap bagi sesuatu binatang. Putik-putik pengecap pada manusia dapat mencatat tiga macam cita rasa : manis, pahit dan asin. Juga dapat dicatat rasaasam, namun mungkin ini merupakan kombinasi dari ketiga rasa lainnya.
Berbagai bagian lidah peka terhadap cita rasaberlainan. Bagian belakang lebih peka terhadap rasa pahit, bagian sisinya peka terhadap rasa asin dan asam, sedangkan ujung lidah peka terhadap rasa manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar